Islam memiliki sejarah panjang sejak berabad-abad tahun lalu. Allah menciptakan manusia pilihan yang bergelar nabi untuk menyampaikan kebenaran. Dunia yang awalnya diisi oleh para manusia yang tidak mengenal tuhan. Kiprah Nabi Isa juga menjadi peradaban islam yang besar dan dampaknya dapat dirasakan hingga kini. Simak dan pelajari kisah Kisah Nabi Isa Singkat semasa hidup di dunia.

Kelahiran Nabi Isa

Nabi Isa Dilahirkan dari Perempuan Bernama Maryam binti imran. Kisah itu bermula dari seorang gadis yang bernama Maryam. Akhlaknya sangat baik dan juga rajin beribadah. Bahkan ia sering mengurung diri di tempat yang sepi, hanya untuk berdoa kepada Allah. Nabi Zakariya yang mengantikan peran orang tua Maryam sering mendatangi tempanya menyendiri. Namun, ada yang membuat nabi zakariya heran dari mana datangnya buah-buah yang ada di tempat itu.

Maryam menjelaskan bahwa itu adalah kuasa dari Allah. Begitu istimewa Maryam di mata Allah. Sampai Allah memberikan satu surah khusus di dalam al-Quran yaitu tentangnya. Bahkan Allah mengutus malaikat yang menyerupai seorang manusia. Utusan Allah tersebut menyampaikan bahwa Maryam akan diberi amanah untuk melahirkan seorang bayi yang merupakan wali Allah. Maryam kaget, karena ia belum memiliki seorang suami, tetapi akan memiliki seorang anak.

Baca Juga : Kisah Syekh Abdul Qodir Jailani

Malaikat pun menjalankan tugas yang diberikan Allah, sehingga Maryam hamil. Namun, melihat kondisi maryam yang sedang berbadan dua orang-orang di sekitarnya tidak tinggal diam. Banyak memberikan reaksi dengan sumpah serapah. Maryam tidak takut, karena ia memang sesorang perempuan yang sangat kuat. Ia melalui semua tuduhan yang orang-orang katakan tentangnya. Bahwa ia telah berbuat zina dengan seorang lelaki.

Tuduhan-tuduhan itu membuat Maryam mengasingkan diri dari keramainan. Tidak lama setelah ia menjauh dari tempat tinggal asalnya, lahirlah seorang bayi lelaki dengan selamat. Maryam membawa nabi isa yang masih bayi pulang ke tempat asalny setelah kondisinya normal. Akan tetapi, cobaan masih saja menghampirinya. Banyak orang yang semakin mencemoohnya.

Tanda Kenabian Nabi Isa

Nabi Isa yang masih Bayi menjelaskan tentang kenabiannya
Saat Maryam kembali ke rumah orang-orang mulai mempertanyakan tentang dirinya. Bagaimana bisa Maryam yang dianggap baik dan rajin beribadah telah melahirkan seorang anak lelaki. Maryam pun membela dirinya dengan memberikan pernyataan yang tidak masuk akal. Ia menyuruh orang-orang untuk bertanya pada nabi Isa yang masih bayi.
Hal yang tidak masuk akal itu pun ditanyakan orang-orang. Meskipun mereka tahu mana mungkin seorang bayi bisa berbicara seperti orang dewasa. Namun, keajaiban itu terjadi. Nabi Isa mengucapkan kata-kata yang membuat banyak orang terkagat. Ia menyampaikan tentang kekuasaan Allah yang maha Agung.

Perkataan nabi isa bisa dilihat di surah Maryam ayat 30-33 :

قَالَ إِنِّي عَبْدُ اللَّهِ آتَانِيَ الْكِتَابَ وَجَعَلَنِي نَبِيًّا  . وَجَعَلَنِي مُبَارَكًا أَيْنَ مَا كُنْتُ وَأَوْصَانِي بِالصَّلَاةِ وَالزَّكَاةِ مَا دُمْتُ حَيًّا . وَبَرًّا بِوَالِدَتِي وَلَمْ يَجْعَلْنِي جَبَّارًا شَقِيًّا . وَالسَّلَامُ عَلَيَّ يَوْمَ وُلِدْتُ وَيَوْمَ أَمُوتُ وَيَوْمَ أُبْعَثُ حَيًّا 

“sesungguhnya aku ini hamba Allah Dia memberiku al-kitab (Injil) dan Dia menjadikan aku seorang nabi. Dan dia menjadikan aku seorang yang berbakti di mana saja aku berada, dan dia memerintahkan kepadaku mendirikan shalat dan menunaikan zakat selama aku hidup. Dan berbakti kepada ibuku, dan dia tidak menjadikan aku seorang yang sombong lagi celaka. Dan kesejahteraan semoga dilimpahkan kepadaku, pada hari aku dilahirkan, pada hari aku dilahirkan, pada hari aku meninggal, dan pada hari aku dibangkitkan hidup kembali.”

Penjelasan yang diberikan oleh nabi Isa yang masih bayi menyelamatkan Maryam. Tidak ada lagi yang mencelanya. Ia dianggap perempuan yang suci dan pantas mendapatkan hal seistimewa itu. kelahiran nabi Isa membawa berkah bagi Maryam dan juga umat manusia khususnya.
Masa Kenabian Nabi Isa.

Kecerdasan Nabi Isa

Bayi yang pandai bicara tadi tumbuh menjadi seorang lelaki yang cerdas, karena telah mempelajari kitab taurat dan Injil. Bahkan kecerdasannya semakin bertambah, hingga berumur 30 tahun. Beliau pun diangkat menjadi seorang rasul pada umur tersebut. Nabi Isa pun mulai menjalankan tugas utamanya yaitu menyebarkan ajaran yang berasal dari Allah.

Baca Juga : Raden Aria Wiratanudatar Cikundul Cianjur

Nabi Isa menyerukan orang yahudi beserta Bani Israil agar kembali menyembah Allah. Ia pun mengubah isi kitab taurat yang telah jauh dari perintah Allah. Mengembalikan orang-orang ke fitrahnya untuk menjadi seorang manusia yang hanya menyembah Allah semata.

Pada masa kenabian nabi Isa juga telah menyampaikan bahwa akan adanya nabi akhir zaman. ia yang akan mengemban tugas untuk membuat manusia semakin percaya dan menyembah Allah dengan baik.
Mukjizat Yang Ada Pada Nabi Isa.

Mukjizat Nabi Isa

Seorang nabi tentu diberi mukjizat yang diluar kemampuan pada umumnya. Begitu juga Nabi Isa, beliau memiliki banyak sekali mukjizat. Hal tersebut juga sebagai bukti bahwa nabi Isa benar utusan Allah. Keajaiban pun terjadi, beliau bisa mengubah tanah liat menjadi burung-burung setelah ditiup olehnya. Tentu saja hal yang terjadi atas izin yang telah Allah berikan.

Mukjizat lain yang juga fenomenal adalah nabi isa dapat menyembuhkan orang yang mengalami kebutaan. Menyembuhkan berbagai penyakit yang cukup susah disembuhkan pada masa itu. beliau juga mendapatkan kekuatan dari Allah bisa menghidupkan kembali orang yang telah meninggal dunia.

Apa yang telah Nabi Isa tunjukan dari mukjizat yang diberikan Allah, tidak memberikan rasa cukup untuk orang yang telah menentangnya dari awal. Perjalanan dakwah Nabi Isa justru semakin ditentang. Orang-orang yang tidak suka akan kehadiran Nabi Isa menciptakan banyak kekacauan.
Allah Mengangkat Nabi Isa ke Langit.

Upaya Pembunuhan Nabi Isa

Penolakan Bani Israil pun semakin merajalela. Nabi Isa pun menghidar dan pergi ke arah baitul maqdis tepat pada perayaan hari besar orang yahudi. Hal itu jelas membuat para pendeta orang yahudi marah besar. Para pembencinya pun mengahasut penguasa Romawi untuk membunuhnya.
Perintah pembunuhan tersebut pun dilakukan. Orang-orang mulai mencari keberadaan nabi Isa. Saat itu Nabi Isa sedang bersama 12 orang yang disebut sebagai hawariyyin yang merupakan para sahabat. Namun, ada di antara sahabat bernama yahudza al askharyuti ternyata berkhianat kepada nabi. Sahabat yang berkhianat itu ternyata menunjukan tempat persembunyian Nabi Isa.

Baca Juga : Biografi KH. Abdullah bin Nuh

Allah berkhendak lain. Ia menyelamatkan nabi Isa dari rencana pembunuhan itu dengan mengangkatnya ke langit. Orang yang berkhianat tadi diberi Allah hukuman. Wajahnya diyakini mirip nabi Isa. Pengkhiantan yang dikenal dengan nama yudas iskariot ini dibawa ke hadapan penguasa romawi kemudian disalib hingga terbunuh.

Kisah perjalanan singkat nabi isa ini dapat menjadi pelajaran yang berharga untuk umat Islam. Betapa tidak mudahnya menyebarkan ajaran yang Allah berikan. Bersyukurlah kini anda dapat merasakan indahnya Islam dan mendapat kebebasan untuk menyebarkannya. Nabi Isa yang Allah angkat ke langit akan muncul di hari akhir untuk membunuh dajal. Hal itu erat kaitannya dengan tanda-tanda kiamat kubra nanti.

Tanggapan