Anda pasti sering mengucapkan kalimat “Semoga menjadi Keluarga Sakinah Mawaddah Warahmah!” kepada pasangan yang baru menikah. Namun, tidak banyak yang tahu makna sebenarnya dari setiap kata tersebut. Ucapan itu bukan hal biasa, termaktub dalam Kalam-Nya pada surah ar-rum ayat 21 yang sering ada di surat undangan pernikahan.

وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحْمَةً ۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

Dan di antara ayat-ayat-Nya ialah dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu merasa nyaman kepadanya, dan dijadikannya di antaramu mawaddah dan warahmah. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir”

Sungguh romantis ayat-ayat cinta yang Allah berikan kepada manusia untuk dijadikan pedoman hidup. Anda yang hendak menikah harus tahu ayat ini, agar nantinya kehidupan rumah tangga akan bahagia. Betapa baiknya Allah menurunkan al-Quran untuk ummat-Nya. Pada kitab-Nya anda dapat belajar untuk membentuk keluarga yang sakinah mawaddah warahmah.

Definisi Sakinah dalam Islam

Anda ingin memahami makna kalimat yang mengandung kebaikan itu. Perlu tahu satu persatu defensi dari katanya. Seperti kata sakinah memiliki arti tenang, tentram, dan nyaman. Definisi tersebut merujuk pada kehidupan setelah menikah akan membuat anda merasa lebih damai dalam menjalani kehidupan.

Definisi Mawaddah dalam Islam

Cinta dan harapan mewakili definisi dari mawaddah. Islam sangat menjunjung tinggi sebuah keluarga yang di dalamnya terdapat cinta. Dengan adanya rasa cinta terhadap satu sama lain, hari-hari yang di jalani akan lebih indah. Semangat untuk mencari rezeki yang halal dan beribadah pun akan menghampiri kehidupan keluarga yang penuh cinta.

Definisi Warahmah dalam Islam

Rumah tangga Islam dilandasi oleh kasih sayang dan kelembutan baik itu kepada pasangan, orang tua  kepada anaknya maupun sebaliknya. Bentuk kasih sayang itu bisa berupa perhatian kepada semua anggota keluarga. menegur Satu sama lain dengan kelembutan. Serta mendidik dengan cara yang Allah ajarkan dalam al-Quran.

Bagaimana Membentuk Keluarga Sakinah Mawaddah Warahmah?

Pertanyaan-pertanyaan itu pasti sedang singgah di benak. Bagaimana untuk membentuk keluarga SAMARA ini. Jika memang hal itu bukanlah sekedar kalimat baik yang diucapkan kepada para pengantin. Simak cara sederhana untuk membangun sebuah keluarga yang penuh cinta di dalamnya:

1. Menikah Karena Allah

Keluarga yang sakinah mawaddah warahmah akan terbentuk jika niat awal anda menikah karena Allah. Bukan karena harta kekayaan, rupanya yang cantik atau tampan, kekuasaan, jabatan, dan karena hal duniawi. Allah juga tidak akan memberikan keberkahan pernikahan karena sebuah paksaan. Jika anda mengingkan pernikahaan yang diridhoi Allah, maka menikahlah karena Allah.

2. Menjalankan Rumah Tangga Sesuai Syariat Islam

Perbanyaklah mengkaji al-Quran, karena di dalamnya terdapat banyak sekali cara untuk menjalani kehidupan rumah tangga. Anda akan tahu yang mana hak dan kewajiban masing-masing pasangan. Kemudian selalu mengedepankan ibadah kepada Allah daripada sibuk hal-hal duniawi. Apalagi sering membuang waktu untuk sesuatu yang dilarang Allah justru itu akan menjauhkanmu dari-Nya.

3. Menanamkan Kepercayaan Kepada Pasangan

Sikap saling curiga kepada pasangan itu tidak boleh terlalu berlebihan. Takutnya apa yang dipikirkan akan benar-benar terjadi. Jika sudah saling menuduh apalagi tanpa bukti, akan membuat rumah tangga tidak harmonis. Tanamkan kepercayaan di alam bawah sadarmu, agar hal-hal yang tak diinginkan tidak terjadi.

4. Membekali Keluarga dengan Ilmu Agama

Tuntutlah ilmu dari buaian hingga ke liang lahat, pernah dengar hadis tersebut? Hal itu mengharuskan manusia untuk selalu belajar. Sampai kapanpun anda akan terus mencari ilmu agar terhindar dari kebodohan dan kehancuruan. Apalagi pengetahuan tentang agama, harus ada dalam sebuah keluarga. Belajar mengaji dan mengkaji al-Quran, dan mengikuti kajian atau ceramah agama.

5. Bersama-Sama Dalam Menghadapi Persoalan Kehidupan

Permasalahan hidup pasti akan menghampiri sebuah keluarga. Tanpa dukungan anggotanya, solusi tidak akan ditemukan. Jalan keluar paling baik untuk penyelesaian masalah yang ada pada anda adalah kembali ke keluarga. Merekalah orang-orang yang tidak akan membiarkan anda sendirian menghadapi segala cobaan yang datang di kehidupan.

6. Saling Mengingatkan Pasangan Ketika Lalai Akan Perintah-Nya

Iman sesorang pasti akan mengalami naik turun. Wajar jika seperti itu, manusiawi namanya. Namun, hal itu tidak bisa dibiarkan begitu saja. Apabila dalam keluarga, baik pasangan, anak-anak anda, atau orang tua wajib anda ingatkan. Rangkullah setiap anggota keluarga untuk bersama-sama dalam mencapai surga-Nya. Semangat ibadah itu akan lebih baik jika dilakukan bersama-sama.

7. Peduli Satu Sama Lain

Kesibukan suami, istri, atau anak-anaknya membuat sebuah keluarga itu jarang bertemu. Hal itu pasti akan menimbulkan rasa kesepian bagi anggota keluarganya. Namun, hal itu bisa diatasi dengan menyempatkan diri untuk berkumpul bersama keluarga. prioritaskan keluarga dibandingkan hal lainnya jika ingin memiliki keluarga yang harmonis.

8. Bersikap Romantis Kepada Pasangan

Bercengkrama dan membuat hati pasangan bahagia akan membuat kehidupan rumah tangga menjadi lebih bewarna. Meskipun hanya dengan kata-kata yang terdengar romantis, pasangan pasti akan sangat senang. Saling bercanda, menikmati waktu berdua dengan pasangan, membuat hubungan anda lebih awet.

9. Setia Hingga Tua

Kesetiaan adalah harta kekayaan paling termewah dalam sebuah ikatan pernikahan. Berkomitmenlah untuk tidak menyakiti pasangan dengan berpindah ke lain hati. Raihlah cinta-Nya untuk menjaga keluarga anda dari perpecahan karena orang ketiga. Apalagi anda sampai tergoda dan memutuskan untuk berpisah, hal itu adalah perbuatan paling dibenci Allah. Berusahlah setia sampai maut memisahkan.

10. Mudah Memaafkan

Manusia memang tempatnya salah dan khilaf. Jika anggota keluarga sudah menyesali perbuatan yang membuat anda sakit hati, berusahalah memaafkannya. Selain anda akan kembali akur, pahala juga menjadi jaminannya. Jadilah seorang yang mudah memaafkan orang lain baik keluarga, atau orang lain.

Keluarga harmoni tercipta dari penerapan sakinah mawaddah warahmah. Selain terciptanya kebahagiaan di dunia, anda juga akan meraih surga-Nya dengan cepat. Setiap pasangan yang baru menikah pasti menginginkan sebuah keluarga yang penuh cinta dan kasih sayang. Hal itu akan didapatkan jika menyertakan Allah dalam niat awal untuk berkeluarga.

Pilihlah pasangan yang benar-benar bisa membuat anda merasakan keluarga yang sakinah mawaddah warahmah. Tidak bersikap kasar dan menyimpang dari agama Allah. Menyayangi dengan kelembutan. Mencintai Allah di setiap helaan nafas-Nya. Selalu menjaga kehormatannya baik sebagi seorang perempuan maupun lelaki.

Sekian, semoga bermanfaat. Silahkan dishare supaya lebih banyak manfaat untuk orang lain.

Baca Juga : 12 Penyakit Rumah Tangga, Segera Atasi Sebelum Terlambat

Tanggapan